Indonesia merupakan Negara hebat, dengan sumber daya alam yang hebat dan juga dengan sumber daya manusia yang tentunya tidak kalah hebat. Dengan budaya yang beraneka ragam macamnya, dan dengan ribuan pulau yang dimilikinya, patutlah Indonesia disebut sebagai Negara yang potensial, untuk maju dan berkembang menjadi negara yang lebih hebat lagi. Menempati peringkat 4 pada Negara dengan total penduduk terbanyak se dunia dengan total jumlah berkisar 241.452.952(BPS) sangat berpotensi sekali bukan? apalagi dengan jumlah pemuda yang membuat negara lain iri, berkisar hingga 70 juta. Modal yang sangat mumpuni untuk membangun sebuah Negara yang Maju dan Berkembang.

Berkutip dari ucapan presiden kita, Ir. Soekarno “Beri aku sepuluh pemuda yang cinta negara ini (Indonesia), maka akan aku guncangkan dunia. Berkaca dari kutipan tersebut, maka tentu peran pemuda dalam membangun negeri ini sangat dibutuhkan. Dalam rangka pembangunan itu pula, tentu peran pemuda tidak terlepas dari salah satu elemen pembangunan ini, yakni Pendidikan. Pendidikan formal khususnya. Pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu, mentransfer pengetahuan, namun juga mendidik karakter pemuda bangsa sebagai pemuda yang dapat menjadi pemimpin yang Jujur Adil, dan Ulet nantinya. Dan seperti kita ketahui, khususnya kepada siswa-siswi SMA Negeri di Indonesia bahwa KBM( Kegiatan Belajar Mengajar) kita juga disisipi oleh yang namannya pendidikan karakter.

Pendidikan di Indonesia sudah mendarah daging bagi kehidupan manusia di jaman globalisasi dengan permasalahan yang semakin rumit.Dapat kita pikirkan jika suatu bangsa tidak sadar akan adanya pendidikan atau tidak mendapatkan pendidikan yang selayaknya. Fakta miris terjadi di pelosok Indonesia tentang Pendidikan bukan hanya omongan belaka tetapi suatu fakta yang membuat kita sadar akan minimnya pendidikan di Indonesia (penulis : deni firmansyah)