1. Sejarah Program Studi

Program Studi Pendidikan Agama Islam atau disingkat PAI adalah Jurusan Tarbiyah yang ada di STAI DDI Majene. SK Pendirian Program Studi Pendidikan Agama Islam berdasarkan nomor 61 Tahun 1990. Izin Operasional Penyelenggaraan program studi Pendidikan Agama Islam yang terakhir berdasarkan SK BAN-PT nomor 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013.

Pengembangan dan pengelolaan program studi PAI dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak yang ada dalam lembaga baik staf, dosen maupun mahasiswa. Pengelolaan Prodi PAI memiliki komitmen yang kuat, profesional, inovatif yang mampu melaksanakan tugas dan fungsi pengelolaan yang demi pelaksanaan profesi keguruan.

  1. Visi, Misi, Tujuan, Strategi dan Tata Nilai
Visi Prodi Pendidikan Agama Islam ini mengikuti visi STAI DDI Majene, yaitu: “Mewujudkan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Majene yang Berdedikasi dalam Pengembangan dan Pengintegrasian Ilmu Pendidikan dan Keislaman yang Berdimensi Etis, Religius dan Ke-Indonesiaan pada Tahun 2023”.

Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAI DDI Majene menuangkan misinya melalui penjabaran visi sebagaimana digambarkan di atas. Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam adalah:

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran, pendidikan yang bersifat teoritik maupun praktis berciri khas keagamaan.
  2. Menjalin kemitraan dengan lembaga lain untuk kegiatan pembelajaran, penelitian  dan pengabdian masyarakat.
  3. Mengembangakan karakter religius, pancasilais dan berbudaya.

 

Tujuan Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAI DDI Majene adalah Menyiapkan peserta didik yang memiliki:

  1. Kemampuan akademik dan profesional sebagai guru Pendidikan Agama Islam atau tenaga kependidikan di sekolah dan madrasah.
  2. Kemampuan menerapkan dan mengembangkan serta meyebarluaskan ilmu-ilmu agama Islam berbasis integrasi keilmuan, keislaman dan keindonesiaan;
  3. Kemampuan memperkuat landasan praktik penyelenggaraan pendidikan agama Islam berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat.